7 Tips Belajar Programming Secara Otodidak
Tips Belajar Programming Secara Otodidak - Pada postingan kali ini saya akan membagikan sebuah tips nih bagaimana cara belajar programming atau belajar bahasa pemrograman agar lebih produktif dan terstruktur. Walaupun saya memberikan sebuah tips bukan berarti saya sudah "Pro" dibidang programming melainkan sekedar berbagi tips yang sering saya lakukan untuk belajar lebih produktif dan juga terstruktur.

Bahasa Pemrograman atau sering disebut sebagai bahasa komputer merupakan sebuah instruksi standar untuk memerintah sebuah komputer. Bahasa pemrograman juga merupakan suatu himpunan dari aturan syntax (penulisan) dan semantik yang dipakai untuk mendefinsikan program suatu komputer.

Aplikasi-aplikasi yang sering kalian gunakan pada perangkat Desktop ataupun Mobile juga dibuat menggunakan bahasa pemrograman. Namun pemrograman juga sangat bergantung pada kemampuan analisis, konsentrasi, ketelitian, dan penyelesain masalah terhadap program yang telah dibuat. Apabila teman-teman telah memahami dan mampu mengatasi masalah tersebut percayalah pemrograman pasti akan jadi lebih mudah dan menyenangkan.

Dan juga teman-teman harus tau bahwa bahasa pemrograman itu ada banyak dan diantara ada yang paling sering digunakan diantaranya adalah Bahasa Pemrograman Python, Php, Javascript, C#, C++, Java, dll. Oke langsung saja kita ke tips belajar programming agar lebih produktif.

Tips Belajar Bahasa Pemrograman

1. Niat Belajar

Sebelum memulai belajar bahasa pemrograman, sebaiknya kalian kumpulkan dulu nih niat belajar sebanyak mungkin agar tidak berhenti ketika sudah mulai mengalami syntax error atau program yang tidak bisa dijalankan dan juga dengan adanya niat belajar yang kuat akan sangat membantu bagi kita dalam memahami konsep dengan cepat dan efisien.

2. Menetapkan Tujuan Mempelajari Pemrograman

Setelah mengumpulkan niat belajar yang kuat, kalian juga harus menetapkan tujuan kalian mempelajari bahasa pemrograman tersebut, apakah kalian ingin menjadi seorang Web Developer atau Mobile Apps Developer  karena akan membuat belajar lebih terstruktur dan terarah.

3. Memilih dan Mempelajari Dasar Bahasa Pemrograman

Setelah menetapkan tujuan nih, misalkan kalian ingin menjadi seorang Mobile Apps Developer karena sedang ramai saat ini, kalian juga harus memilih bahasa pemrograman apa yang ingin kalian gunakan untuk membuat sebuah Aplikasi Mobile, entah itu menggunakan bahasa pemrograman Kotlin, Java, Flutter, dan lainnya.

Setelah memilih kalian juga harus mempelajari dasarnya, karna pada umumnya setiap bahasa pemrograman itu memiliki aturan dan syntax yang berbeda-beda, karena apabila kalian menulis sebuah kode tanpa mengetahui arti dari kode tersebut itu sama saja dengan nihil. Jadi pelajarilah dan pahamilah setiap kode yang kalian tulis.

4. Menulis Komentar Pada Program

Menulis komentar pada setiap baris kode yang tulis juga sangat perlu dilakukan, karena dengan adanya komentar tersebut dapat mempermudah kita mengingat fungsi atau tujuan kode tersebut kita tulis, jadi tulislah komentar pada setiap baris kode yang telah dibuat.

5. Mengatur Waktu Belajar Pemrograman

Mengatur waktu belajar juga sangat penting diterapkan agar belajar kita lebih konsisten dan tidak terganggu oleh hal lain. Misalkan pada jam 20.00-22.00 kita belajar pemrograman A atau B, jadi kita selama 2 jam tersebut harus belajar pemrograman dan mengabaikan hal lain seperti bermain game, facebook, twitter, dan hal lainnya yang sering menggangu.

6. Bergabung dengan Forum atau Cari Mentor 

Bergababung dengan forum adalah hal yang harus dilakukan programmer, dengan adanya forum kita dapat mengajak mereka berdiskusi mengenai programming atau masalah-masalah yang terjadi pada program yang telah kita tulis agar mereka dapat membantu kita mengatasi masalah tersebut. Semisalkan forum tempat saya bertanya mengenai programming berada di facebook yaitu sebuah grup Forum Programmer Indonesia, digrup itu kita bebas bertanya selagi berkaitan dengan program.

Jika diforum masih belum mendapatkan jawaban yang memuaskan, cara lainnya adalah mencari mentor atau pembimbing kita mengenai programming, ada begitu banyak mentor yang dapat anda sewa agar belajar anda lebih terstruktur dan juga terarah.

7. Makan dan Istirahat Teratur

Tips yang terakhir yang saya sampaikan adalah harus Makan dan Istirahat teratur. Belajar pemrograman terus-menerus tentunya sangat tidak baik bagi kesehatan karena harus menatap monitor komputer atau laptop pasti akan mempengaruhi kesehatan terutama mata dan juga pikiran.

Selain istirahat kita juga harus makan dengan teratur, jangan mengabaikan jam makan hanya karena belajar bahasa pemrograman. Perut kita juga perlu nutrisi agar dapat mengubah makanan atau minuman yang kita makan menjadi nutrisi, oleh karena itu aturlah jadwal makan dan istirahatmu.

Penutup

Mungkin itu saja tips yang dapat saya bagikan kepada teman-teman agar belajar bahasa pemrograman jauh lebih nyaman dan santai. Oh iya ketika belajar pemrograman tidak perlu terburu-buru karena lebih baik berjalan lambat dari pada tidak bergerak sama sekali, seperti itulah kira-kira hehe.

Oh iya tips terakhir bonus dari saya Cobalah cari seseorang yang kalian rasa bisa menjadi Patokan atau seperti dia, dengan seperti itu kalian mungkin bisa menambah semangat belajar kalian agar bisa menjadi seperti orang itu. Oke itu saja tips yang dapat saya bagikan dan apabila dirasa artikel ini bermanfaat teman-teman sekalian bisa share ke temannya yang lain dan selamat belajar.