Rekomendasi Distro Linux Paling Ringan dan Cepat
Rekomendasi Distro Linux Paling Ringan dan Cepat - Pada postingan kali ini saya akan merekomendasikan kepada teman-teman Distro Linux yang paling ringan dan juga Cepat. Sebelum itu, kalian sudah tau kan apa itu Linux ? Mungkin diantara kalian ada yang sudah tau dan ada juga yang belum. Jadi kalian bisa baca sedikit penjelasan mengenai Linux diartikel ini.

Linux merupakan salah Sistem Operasi yang sangat banyak digunakan saat ini selain Windows. Linux juga merupakan Sistem Operasi Open Source yang berbasis Kernel Linux dan bebas dikembangkan oleh siapapun. 

Sistem Operasi Linux ini pertama kali rilis pada 17 September 1997 oleh Linux Trovalds. Sistem Operasi Linux ini juga mendapatkan banyak dukungan dari Perusahaan-perusahaan besar seperti Microsoft, Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Google, Oracle Corporation, dan Red Hat.

Sistem Operasi Linux saat ini sudah banyak dikembangkan dan  hasilnya disebut sebagai Distro. Distro Linux dikembangkan sesuai dengan Karakteristik dan Tujuan Penggunya itu sendiri baik itu untuk Server, Desktop (Personal Computer), ataupun Mobile.

Namun diantara semua Distro Linux, tidak semua memiliki Kecepatan dan Performa yang sama, dan itu semua tergantung dengan Spek Komputer kalian masing-masing.

Dan oleh karena itu disini saya akan membahas mengenai Distro Linux yang paling Ringan dan Cepat untuk teman-teman gunakan sebagai Sistem Operasi. Oke langsung saja kita bahas.

Rekomendasi Distro Linux 

1. Puppy Linux

Rekomendasi Distro Linux Paling Ringan dan Cepat

Puppy Linux merupakan salah satu Distro Linux yang sangat kecil ukurannya dan mengutamakan  kemudahan dalam penggunaan. Puppy Linux Dikembangkan oleh Barry Kauler, Larry Short, Mick Amadio beserta tim komunitas Puppy pada 19 Juni 2003. 

Hal menarik dari Distro Puppy Linux ini adalah Seluruh Sistem Operasi dan aplikasinya berjalan didalam  RAM,  yang mengizinkan media booting dilepas setelah Sistem Operasi dijalankan dan juga dapat mengatasi Baca-Tulis (Read Write) yang lambat pada penyimpanan.

2. Linux Mint

Rekomendasi Distro Linux Paling Ringan dan Cepat

Linux Mint merupakan distribusi Linux berbasis Debian-Ubuntu yang bertujuan untuk membuat sistem operasi yang modern, elegan, dan nyaman yang kuat dan mudah dipakai oleh seluruh penggunanya. Distro Linux Mint ini dibuat oleh Clement Lefebvre dan timnya.

Distro Linux Mint mulai rilis pada 27 Agustus 2006 dan baru saja Rilis pada versi 20.1 "Ulyssa: pada Bulan February lalu. Distro Linux Mint ini sangat cocok bagi Komputer yang memiliki Spesifikasi rendah, walaupun begitu Linux Mint tetaplah memberikan pengalaman fungsional yang paling fungsional dan juga lengkap.

3. Lubuntu

Rekomendasi Distro Linux Paling Ringan dan Cepat

Distro Lubuntu menganggap bahwa yang paling cepat dan juga ringan. Distro Lubuntu juga menyediakan Desktop Linux yang bagus untuk semua orang yang tidak ingin terlalu mengotak-atik komputer. 

Distro Linux Lubuntu juga terbilang sangat sangat ringan. Karena menurut Website resmi Lubuntu, ketika mengakses social media seperti Youtube, Facebook, dsb, direkomendasikan bagi kalian untuk menggunakan 1GB RAM.

Linux Lubuntu juga mempunyai versi Terbaru yang menggunakan Environment LXQt, meskipun versi Long-Term Support (LTS).

4. BunsenLabs

Rekomendasi Distro Linux Paling Ringan dan Cepat

Yang terakhir adalah Distro BunsenLabs, yaitu sebuah Distro Linux Ringan dan juga Cepat yang merupakan turunan dari Debian Jessie dan lanjutan dari Distro Cruchbang, oleh karena itu Tampilannya juga agak lebih mirip dengan Distro Cruchbang.

Distro BunsenLabs ini juga sangat ringan dan cepat. Sangat cocok untuk Komputer yang memiliki Processor Voltase rendah, desain yang sederhana. Dan menariknya Distro BunsenLabs ini juga sudah terpasang Conky dengan penjelasan Shortkey untuk penggunaan Desktop.

Conky merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk menampilkan informasi Load CPU.

Mungkin itu saja yang dapat saya rekomendasikan kepada teman-teman mengenai Distro Linux Paling Ringan dan Cepat untuk kalian gunakan. Sebenarnya ada begitu banyak distro Linux Ringan dan Juga cepat, namun saya hanya ambil beberapa saja yang terbaik menurut saya. 

Diantara semua itu mungkin yang dapat saya rekomendasikan untuk kalian coba pertama kali apabila penasaran adalah Distro Puppy Linux, karena memiliki tampilan sederhana dan User Friendly. Selain itu Puppy Linux juga dapat dijalankan dimemori penyimpanan yang kurang lebih 500MB dan dapat dijalankan Sistem Operasi hanya dari RAM.

Oke teman-teman itu saja yang dapat saya bahas, apabila ada kesalahan saya dalam menjelaskan mengenai Distro Linux diatas, silahkan berkomentar agar saya dapat memperbaikinya. Dan jika dirasa artikel ini bermanfaat, kalian bisa share keteman kalian. Dan semoga bermanfaat.