Apa itu DDR3 dan DDR3L ? Berikut Penjelasan Lengkapnya
Apa itu DDR3 dan DDR3L ? Berikut Penjelasan Lengkapnya - Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai DDR3 dan DD3L. Bagi kalian yang sudah familiar dengan Perangkat Desktop atau Komputer mungkin sudah tidak asing lagi dengan kedua istilah tersebut.

DDR3 Merupakan singkatan dari Double Data Rate Type 3 yang merupakan sebuah tipe dari RAM ( Random Access Memory). Pada umumnya Tipe RAM DDR3 ini membutuhkan Voltase (Tegangan Listrik) sekitar 1.5 V agar dapat bekerja dengan baik. Dan DDR3 juga memiliki tipe yang disebut Special karna hanya menggunakan Voltase Rendah sekitar 1.35V untuk dapat bekerja dan disebut sebagai DDR3L.

untuk mengetahui penjelasan lengkap mengenai DDR3 dan DDR3L, silahkan baca artikel ini hingga selesai, oke langsung saja kita bahas dengan (Mudah-mudahan) lengkap dan benar.

Apa itu DDR3 ?

DDR3 (Double Data Rate type 3) merupakan tipe dari Dynamic Random Access Memory (DRAM) sebagai pengganti dari DDR dan DDR2 yang dirilis pada tahun 2007 silam dan digantikan dengan DDR3 pada sebuah perangkat Desktop baik komputer maupun Laptop.

Pada umumnya Voltase (Tegangan Listrik) DDR3 jauh lebih sedikit ketimbang dengan versi lawasnya yaitu DDR dan DDR2, dan juga Voltase yang digunakan DDR3 sebesar 1.5V. RAM DDR3 juga pada umumnya memiliki frekuensi yang berbeda-beda mulai dari 800Mhz, 1066 MHz, 1333Mhz, 1600MHz, 1866MHz, dan 2133MHz.

DDR3 juga digunakan untuk perangkat desktop komputer yang memiliki 240 pin dan umumnya memiliki lebar sekitar 133.35mm. Dan modul DDR3 yang digunakan pada sebuah laptop disebut dengan SO-DIMM (Small outline Dual Inline Memory Module) , memiliki panjang sekitar 67.6mm, serta memiliki pin yang jauh lebih sedikit dari komputer yaitu 204 pin.

Apa itu DDR3L ?

DDR3L masih memiliki sebutan yang sama dengan DDR3, hanya saja DDR3L ini merupakan tipe special dari DDR3 seperti yang sudah saya sebutkan diparagraph kedua artikel ini. Terus apa maksud "L" dari DDR3L itu ? 

Maksud dari L adalah Low Voltage jadi DDR3L adalah Double Data Rate type 3 Low Voltage yaitu sebuah Dynamic Random Access Memory yang memiliki Voltase (Tegangan Listrik) rendah yaitu sekitar 1.35V sedikit lebih rendah ketimbang DDR3 yang memiliki 1.5V.

Jadi, dengan lebih rendahnya Voltase yang dimiliki DDR3L tentu saja jadi kelebihannya, karena komsumsi power dan heat generation yang lebih rendah pula. Dengan komsumsi power yang rendah tentu juga akan meningkatkan tahan lama Baterai. Pada umumnya DDR3L lebih banyak digunakan pada perangkat Mobile seperti Laptop dan Embedded Device.

Spesifikasi dari DDR3L seperti Memory Density, Frekuensi, dan Protokol DDR3L. DRAM DDR3L juga memiliki modul SO-DIMM (Small Outline Dual Inline Memory Module) yang hanya memiliki 204 pin.

Perbedaan antara DDR3 dan DDR3L

Berdasarkan penjelasan diatas, tentu saja DDR3 dan DDR3L memiliki perbedaan yang dapat kita bandingkan, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • DDR3 Membutuh Voltase lebih tinggi ketimbang DDR3L, selisih perbedaannya adalah 0.15V.
  • DDR3 Pada umumnya digunakan pada perangkat Dekstop Komputer.
  • DDR3L Lebih banyak digunakan pada perangkat Mobile seperti Laptop dan Embedded Device.
  • DDR3L Merupakan type spesial dari DDR3 karena menggunakan Voltase lebih rendah.
  • DDR3L Memiliki harga yang lebih mahal ketimbang DDR3

Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya bahas mengenai Apa itu DDR3 dan DDR3L, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan teman-teman mengenai DDR3 dan DDR3L serta perbedaan kepada kedua istilah tersebut. Jika dirasa artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman kalian agar mereka juga mengetahui dan Semoga bermanfaat.